Senin, 11 Januari 2010

Hat-trick Messi sukseskan Barca

Lionel Messi membuat Barcelona tetap berjaya di puncak klasemen La Liga pekan ini, lewat hat-trick-nya di kandang Tenerife, Senin 11/1 dini hari tadi. El Barca sukses menenggelamkan tim promosi tersebut 5-0.

Meski demikian, Real Madrid berhasil membayangi Barca lewat kemenangan 2-0 atas Real Mallorca di Bernabeu.

Barca kini hanya unggul dua poin dibandingkan musuh bebuyutannya tersebut. Di puncak klasemen, skuad Pep Guardiola itu mengantongi 43 poin dari 17 pertandingan yang sudah dijalaninya.

Dalam laga pagi tadi, sudah sepantasnya Guardiola berterima kasih pada kipernya, Victor Valdes, yang beberapa kali melakukan penyelamatan dan membuat Barca berhasil merebut kemenangan pertamanya di tahun 2010 ini.

Valdes melakukan tiga kali penyelamatan di awal pertandingan, meski salah satunya menyentuh mistar gawang, sebelum akhirnya Barca menemukan ritme permainannya dan berhasil menekan tuan rumah.

Bojan Krkic yang tampil mengisi posisi Zlatan Ibrahimovic, memberikan assist gemilang dalam terciptanya gol pertama Lionel Messi di menit 36. Hanya satu menit sebelum turun minum, tendangan bebas Messi berhasil dimanfaatkan Carles Puyol dan sundulannya menggandakan skor Barca.

Di masa injury-time, beberapa detik saja sebelum jeda, Messi kembali menjebol gawang Tenerife lewat kerja samanya dengan Andres Iniesta dan Krkic. Bintang muda Argentina ini pula yang kemudian menciptakan gol ke empat Barca di pertandingan tersebut, tepat di menit 75. Gol spektakuler tersebut sekaligus menjadi gol ke-12 Messi di musim ini.

Lima menit sebelum pertandingan usai, Barca diuntungkan oleh gol bunuh diri bek Tenerife, Ezequiel Luna. Poin penuh lewat kemenangan besar 5-0 pun dibawa pulang Barca.

Guardiola sendiri mengakui, tuan rumah Tenerife cukup bermain gemilang, terutama sebelum gol pertama dicetak timnya. "Bedanya, meerka tidak bisa menyelesaikan semua peluang yang mereka miliki, sementara kami bisa. Valdes juga tampil luar biasa. Setelah itu, baru kami bisa lebih mendominasi," tandas Guardiola usai pertandingan.

Gonzalo bawa Madrid unggul
Sementara Madrid, langsung tampil merangsek dalam pertandingan yang digelar di bawah guyuran salju tersebut. Bintang Argentina, Gonzalo Higuain, berhasil memotong barisan pertahanan Mallorca dari sisi kanan lapangan dan melesakkan golnya saat pertandingan baru berjalan delapan menit.

Madrid yang kembali diperkuat Kaka setelah pemain Brasil ini absen selama satu bulan karena cedera, memang makin tajam di setiap lininya di hadapan tim yang saat memulai pertandingan tersebut bertengger di peringkat empat. Akibat kekalahan di Bernabeu ini, Mallorca kini merosot ke posisi enam dengan koleksi 30 poin.

Dua pemain mahal Madrid, Cristiano Ronaldo dan Kaka, terus berusaha membongkar pertahanan lawan, namun gol ke dua tak juga tercipta hingga memasuki babak ke dua. Empat menit setelah jeda, umpan silang Higuain berhasil dimanfaatkan pemain pengganti, Esteban Granero dengan tendangan volinya. Skorpun berubah 2-0.

Meski menang, Madrid harus menerima kenyataan bahwa pemainnya, Rafael van der Vaart harus absen karena cedera otot. Cedera ini dialami pemain asal Belanda itu saat dia beradu dengan kiper Mallorca, Dudu Aouate. Van der Vaart kemudian digantikan oleh Granero saat pertandingan baru berjalan 21 menit.

Selain itu, Madrid juga harus mengistirahatkan Xabi Alonso yang juga cedera dalam pertandingan ini. Mantan pemain Liverpool ini kemudian digantikan Guti, empat menit sebelum pertandingan dua kali 45 menit selesai.

Dini hari tadi, Valencia juga menang 3-1 di kandang Xerez. Los Che kini kian mengokohkan posisinya di peringkat tiga klasemen sementara dengan 35 poin, empat poin lebih unggul dari tim peringkat empat, Deportivo La Coruna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar