Kamis, 31 Desember 2009

Kaleidoskop Sepakbola (Desember) Milik Barca dan Messi



Jakarta - Bulan Desember bisa dibilang milik Barcelona dan Lionel Messi. El Barca berhasil merengkuh titel keenamnya tahun ini dan Messi menahbiskan dirinya sebagai pesepakbola terbaik sejagad.

Pada pertandingan final Piala Dunia Antarklub di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (19/12/2009) malam, Carles Puyol dkk berhasil mengalahkan juara Amerika Selatan asal Argentina, Estudiantes, dengan skor 2-1 lewat perpanjangan waktu.

Dalam keadaan tertinggal 0-1 sejak babak pertama, dengan tanpa terlihat putus asa, Barca terus menekan lawannya itu di sepanjang babak kedua. Walaupun seperti nyaris tak berhasil, namun mereka berhasil menciptakan gol balasan di menit 89 lewat sundulan Pedro Rodriguez.

Dan di masa perpanjangan waktu 2x15 menit itu, Messi hadir sebagai pahlawan timnya lewat gol 'dada' pada menit ke-110. Skor pun bertahan hingga berakhirnya laga.

Alhasil, Barca pun boleh menyebut dirinya sebagai tim terhebat tahun ini atau mungkin sepanjang masa karena prestasi merebut enam gelar dalam setahun belum pernah dicapai oleh tim mana pun.

Gelar Piala Dunia Antarklub menyusul trofi La Liga, Liga Champions, Copa del Rey, Super Spanyol dan Super Eropa yang sudah direbut Alzugrana sebelumnya.

Messi yang menjadi aktor utama akan sukses Barca pun itu pun diganjar penghargaan pribadi berupa Pemain Terbaik Dunia FIFA 2009. Pemain mungil berusia 22 tahun itu mengalahkan pemegang gelar musim lalu Cristiano Ronaldo, dua rekannya di Barca, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta serta Kaka si pemenang gelar yang sama tahun 2007.

Pemain yang disebut titisan Maradona itu menjadi Argentina pertama yang punya gelar tersebut. Dan makin menambah panjang deret gelar individu yang diraihnya tahun ini.

Sebelumnya ada Pemain Terbaik Eropa atau Ballon d'or, Top Skorer Liga Champions 2008/09 (sembilan gol), Striker Terbaik UEFA 2008/2009 serta Pesepakbola Terbaik UEFA 2008/2009.

Dari Liga Spanyol, Messi juga membawa pulang penghargaan Premio Don Balon atau pemain asing terbaik La Liga, pemain Amerika Selatan Terbaik di Liga Spanyol dan Trofeo Alfredo Di Stefano (status pemain terbaik dari media olahraga kenamaan Marca).

Serta pemain terbaik di Piala Dunia Antarklub karena berhasil jadi pahlawan yang mengubah alur pertandingan Barca di semifinal maupun final.

Sementara itu dari Liga Inggris, kabar paling mengejutkan tentu terjadi akhir pekan lalu, Sabtu (19/12) saat Manchester City tiba-tiba saja memecat Mark Hughes untuk digantikan Roberto Mancini. Padahal Hughes ketika baru saja membawa City menang 4-3 dari Sunderland.

Persaingan yang makin ketat antara Chelsea dan Manchester United di akhir tahun masih jadi perbincangan hangat. Dan jangan lupakan juga bagaimana nasib Rafael Benitez tahun depan jika ia masih juga tak mampu mengangkat performa Liverpool yang tengah terpuruk.

Yang paling seru adalah pengundian babak 16 besar Liga Champions yang mempertemukan Chelsea dengan Inter dan Manchester United kontra AC Milan.

Partai yang penuh intrik, ketat, seru serta nuasa nostalgia akan terjadi kala Jose Mourinho melawan bekas klub (Chelsea --Red) yang pernah dibawanya sukses. Dan David Beckham yang akan kembali ke rumah lamanya di Old Trafford.

Untuk sepakbola nasional, kegagalan timnas U-23 di SEA Games Laos 2009 menjadi sorotan tersendiri. Alih-alih meraih emas, Toni Sucipto dkk tak mampu lolos dari babak grup dan mengakhirinya sebagai juru kunci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar