Sabtu, 14 November 2009

PEMANFAATAN TI DI SEKOLAH


Di era globalisasi seperti sekarang ini, Teknologi Informasi (TI) bukanlah hal yang tabu lagi. Pemanfaatan teknologi bukan hanya dilakukan oleh orang-orang ahli, tapi juga telah merambah ke berbagai angkatan usia dan golongan sosial. Dahulu komputer merupakan barang mewah yang tidak dimiliki oleh setiap orang, namun sekarang komputer telah menjadi sebuah kebutuhan. Jika di rumah tak ada, tak usah khawatir karena rental komputer bertebaran dimana-mana. Begitu juga dengan jaringan internet, saat ini hampir semua masyarakat sudah dapat mengaksesnya. Terbukti dengan banyaknya jumlah pengguna jejaring sosial seperti friendster dan facebook dari Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa semakin hari, teknologi semakin menyedot perhatian masyarakat Indonesia.

Pertanyaannya adalah, sejauh manakah teknologi informasi ini telah diterapkan untuk hal-hal yang positif? Apakah hanya untuk sedekar facebook-an, chatting, atau browsing situs-situs gak penting?. Sebagai siswa, tentunya kita harus menyadari bahwa internet bukanlah sesuatu yang hanya bisa dimanfaatkan sebagai hiburan. Kita juga dapat belajar, menambah wawasan, dan menulis seperti yang sedang aku lakukan ini. Disinilah peran penting sekolah muncul, yakni mengajarkan para siswa untuk memanfaatkan teknologi dengan sebaik-sebaiknya. Bagaimana sebuah teknologi diterapkan dalam proses pembelajaran dan dapat diterapkan oleh para siswa.

Menurut Bpk. Wijaya Kusumah, seorang pembicara seminar nasional mengatakan bahwa pemanfaatan TI setidaknya memiliki 3 fungsi dalam dunia pendidikan, yakni:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar